BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 25 April 2011

Kiat Hidup Sehat Dan Bahagia

Memiliki umur panjang tapi sakit-sakitan dan tak bahagia, tentulah tersiksa. Idealnya semua orang ingin berumur panjang, sehat dan bahagia tentunya. Ada beberapa kiat untuk dapat hidup sehat dan bahagia, di antaranya :

1. Periksa Kesehatan Menyeluruh
Penting untuk melakukan general check-up mulai dari usia 25 sampai dengan 64 tahun. Diantaranya perlu sekali tes kolesterol, fungsi tiroid, dan pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan rontgen yang diperlukan.
2. Periksa Gigi Rutin
Periksa gigi secara rutin juga penting. Ada penyakit tertentu yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Misalnya, risiko penyakit kardiovaskular dihubungkan dengan lepasnya gigi. Berdasarkan penelitian, kanker pada bibir, lidah, larynx dan mulutmembunuh hampir 8.000 orang setiap tahun atau satu orang per jam.
3. Jangan Minum Obat Sembarangan
Buang jauh-jauh minum obat sembarangan. Minumlah hanya vitamin dan obat-obatan sesuai resep dokter, terutama bila mengidap tekanan darah tinggi, diabetes atau tiroid.
4. Ciptakan Hubungan Sehat
Hubungan sehat dengan pasangan memberi pengaruh pada kesehatan dan kebahagiaan. Hubungan sehat juga tercipta dari lingkungan yang saling mendukung dan bermanfaat, baik secara fisik ataupun emosional.
5. Kendalikan Stres
Stres ada sisi baik dan buruknya. Semua orang bisa terkena stres. Padahal stres merupakan penyumbang penyakit terbesar. Tapi jangan khawatir, stres bisa dikendalikan denga cara berfikir positif dan tidak membiarkan masalah berlarut-larut.
6. Olahraga Teratur
Olahraga dipercaya dapat memperbaiki kesehatan secara menyeluruh dan meningkatkan harapan hidup. Begitu juga rasa percaya diri serta energi dapat ditingkatkan dengan berolahraga.
7. Terapkan HIdup Sehat
Pastikan selalu makan makanan sehat dan bergizi seimbang. Selalu makan buah dan sayuran, hindari rokok dan minuman beralkohol.

Artikel Terkait:

0 komentar: